“TI
Politala Algoritma dan Pemograman II 2C”
[
Tugas Kuliah ] Algoritma dan Pemograman “Graf dan Pohon”
“Graf
dan Pohon”
A. Pengertian Algoritma Kruskal
Algoritma Kruskal adalah algoritma dalam teori graph
yang menemukan suatu pohon rentang minimum untuk terhubung dalam graf berbobot
. Ini berarti menemukan subset dari tepi yang membentuk sebuah pohon yang
mencakup setiap titik , di mana berat total dari semua tepi di atas pohon
diminimalkan.. Jika grafik tidak terhubung, maka menemukan hutan rentang
minimum (pohon rentang minimum untuk setiap komponen terhubung). Algoritma
Kruskal adalah contoh dari algoritma rakus. Algoritma ini pertama kali muncul
dalam Prosiding American Mathematical Society , hal 1956. Algoritma lain untuk
masalah ini termasuk Algoritma Prim , Reverse-Hapus algoritma, dan algoritma
Borůvka's
Dasar
pembentukan algoritma Kruskal berasal dari analogi growing forest. Growing
forest maksudnya adalah untuk membentuk pohon merentang minimum T dari graf G
adalah dengan cara mengambil satu per satu sisi dari graf G dan memasukkannya
ke dalam pohon yang telah terbentuk sebelumnya. Seiring dengan berjalannya
iterasi untuk setiap sisi, maka forest akan memiliki pohon yang semakin
sedikit. Oleh sebab itu, maka analogi ini disebut dengan growing forest.
Algoritma Kruskal akan terus menambahkan sisi – sisi ke dalam hutan yang sesuai
hingga akhirnya tidak akan ada lagi forest dengan, melainkan hanyalah sebuah
pohon yang merentang minimum.
B. Kelebihan Dan Kekurangan Algoritma
Kruskal
1. Kelebihan
Kelebihan
dari algortima kruskal adalah sangat cocok digunakan saat graf memiliki sisi
berjumlah sedikit namun memiliki sangat banyak simpul, karena orientasi kerja
algoritma ini adalah berdasarkan urutan bobot sisi bukan simpul.
2. Kekurangan
Kekurangan
dari algortima kruskal kurang cocok digunakan saat graf dimana setiap simpul
terhubungkan dengan semua simpul yang lain. Karena algoritma ini menitik
beratkan pada pencarian sisi yang diurutkan.
C. Pengertian Algoritma Djikstrak
Algoritma Dijkstra diterapkan untuk mencari lintasan
terpendek pada graf berarah. Namun, algoritma ini juga benar untuk graf tak
berarah. Algoritma Dijkstra mencari lintasan terpendek dalam sejumlah langkah.
Algoritma ini menggunakan prinsip greedy. Prinsip greedy pada algoritma
dijkstra menyatakan bahwa pada setiap langkah kita memilih sisi yang berbobot
minimum dan memasukannya dalam himpunan solusi. Djikstrak merupakan salah satu
varian bentuk algoritma popular dalam pemecahan persoalan terkait masalah
optimasi pencarian lintasan terpendek
sebuah lintasan yang mempunyai panjang minimum dari verteks a ke z dalam graph
berbobot, bobot tersebut adalah bilangan positif jadi tidak dapat dilalui oleh
node negatif. Namun jika terjadi demikian, maka penyelesaian yang diberikan
adalah infiniti (Tak Hingga). Pada algoritma Dijkstrak, node digunakan karena
algoritma Dijkstra menggunakan graph berarah untuk penentuan rute lintasan terpendek.
D. Penerapan Algoritma Djikstrak Pada
Jaringan Komputer
Jaringan komputer dapat dimodelkan sebagai sebuah
graf, dengan setiap simpul menyatakan sebuah komputer/router dan sisi di dalam
graf menyatakan saluran komunikasi (sering disebut link). Setiap sisi mempunyai
label nilai (yang disebut bobot). Bobot tersebut dapat menyatakan jarak geografis
(dalam km), kecepatan transfer data, waktu pengiriman).
E. Kasus Pencarian Rumah Sakit dengan
Algoritma Djikstra dan Algoritma Kruskal
1. Maps
2. Graf
Keterangan:
0: Rumah Sakit Khusus Ibu
dan Anak Annisa
1: Rumah Sakit TPT Dr. R.
Soeharsono
2: Rumah Sakit Umum Suaka
Insan
3: Rumah Sakit Islam
Banjarmasin
4: Rumah Sakit Mata
Banjarmasin
5: RSUD Sultan Suriansyah
Banjarmasin
6: RS B. Ibunda Siti
7: Rumah Sakit Umum
Daerah Ulin
8: RS. Bhayangkara TK.
III Banjarmasin
9: Rumah Sakit Khusus
Bedah Banjarmasin Siaga
3. Tabel
matriks dari graf diatas yaitu:
F. Program Algoritma Djikstrak
G. Hasil Running
H. Program Algoritma Kruskal
I. Hasil Running
Sumber : http://student.blog.dinus.ac.id/matematikadiskritricorianalvian/2018/12/31/9/. Diakses pada tanggal 26 Mei 2019.
Pukul 10.00 WITA.
http://bobo-magazine.blogspot.com/2010/05/algoritma-kruskall.html. Diakses pada tanggal 26 Mei 2019. Pukul 10.30 WITA.
http://student.blog.dinus.ac.id/mfadhilhabibie/2018/12/27/algoritma-kruskala-materi/. Diakses
pada tanggal 26 Mei 2019. Pukul 21.56 WITA.
https://wirasetiawan.blog/2015/04/02/tentang-algoritma-dijkstra/. Diakses pada tanggal 26 Mei 2019. Pukul 22.01 WITA.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar