BAB II
JENIS KOMPUTER
2.1 Konsep
Komputer
Kata “komputer”,
memiliki banyak pendapat mengenai definisinya yang nantinya berkembang pada
definisi tentang sistem komputer, ilmu komputer, dan teknologi Informasi. Istilah dari komputer itu sendiri berasal dari bahasa latin computare
yang mengandung arti “menghitung”
(to compute atau reckon). Sebutan
untuk Komputer dari berbagai negara :
Bahasa
Inggris 1646 = Computer (orang yang menghitung).
Bahasa
Italia = Calculatore (Kalkulator).
Bahasa
Swedia = dator (data) 1950 matematicmaskin.
2.2 Definisi
Komputer
Pandangan dari para ahli :
Menurut
V.C. Hamacher dalam bukunya “Computer Organization”, komputer adalah mesin
penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital,
kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan
menghasilkan output berupa informasi.
Menurut Robert H. Blissmer (1985), dalam
bukunya “Computer Annual”, komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu
melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
1. Menerima input
2. Memproses input tadi sesuai dengan programnya
3. Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
4. Menyediakan output dalam bentuk informasi.
Menurut
Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang
cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis
menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output
berdasarkan instruksi-isntruksi yang telah tersimpan dalam memori. Komputer adalah alat yang dipakai untuk
mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan
orang yang perkerjaannya melakukan hitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat
bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.
(Wikipedia).
Dari definisi-definisi tersebut, maka dapat
disimpulkan bahwa: Komputer adalah seperangkat elektronik yang dapat menerima
masukan (input), dan selanjutnya melakukan pengolahan (process) untuk
menghasilkan keluaran (output) berupa informasi.
2.3 Sistem
Komputer
Adalah kumpulan dari elemen-elemen
komputer (Hardware, software, brainware) yang saling berhubungan (terintegrasi)
dan saling berinteraksi untuk melakukan pengolahan data dengan tujuan
menghasilkan informasi sesuai dengan yang diharapkan.
2.4 Manfaat
Komputer
1. Bidang Pendidikan
Penggunaan komputer sebagai alat
pembelajaran dikenali sebagai CBE (Computer Based Education). Peranan komputer dalam
pendidikan menurut Robert Taylor :
1. Tutor: sebagai pengajar melalui
pendekatan pengajaran berbantukan komputer
2. Tool: alat untuk memudahkan
proses pengajaran dan pembelajaran dan untuk melakukan pengolahan data proses
pembelajaran, seperti pengolahan data nilai siswa, penjadwalan, beasiswa, dan
sebagainya.
3. Tutee: berperanan sebagai alat
yang diajar, dan bisa melakukan Tanya jawab atau dialog dengan komputer yang
biasa disebut dengan CAI (Computer Assist Instruction).
Contoh: e-library, e-learning, teleconference.
2. Bidang Industri dan Manufaktur
Komputer digunakan untuk mengontrol
mesin-mesin produksi dengan ketepatan tinggi, misalnya:
1. CNC (Computer Numerical Control)
pengawasan numeric atau perhitungan.
2. CAM (Computer Aided Manufacture)
yaitu untuk merencanakan, mengatur, dan mengontrol kerja mesin.
3. CAD (Computer Aided Design) yaitu
merancang bentuk (desain) produk yang
akan dikeluarkan pada sebuah industri atau pabrik.
Mesin-mesin dalam
industri garmen yang dilengkapi dengan kontrol komputer, misalnya melakukan
pewarnaan, membuat border, dan sebagainya. Robot yang secara otomatis melakukan
kerja-kerja tertentu dalam sebuah industri yang dikontrol oleh komputer.
3. Bidang Bisnis dan Perbankan
Perdagangan barang
maupun jasa komputer akan sangat penting untuk
kegiatan transaksi baik rutin, periodik, maupun insidentil dan
menyediakan informasi dengan cepat dan tepat.
a. Sistem Informasi Manajemen (SIM).
b. Mesin cash register (mesin kasir) yang dilengkapi
dengan kontrol komputer sehingga
mesin tersebut dapat dikontrol oleh pihak manajer.
c. Scanning barcode kode barang dagangan, menghitung rugi
laba, inventori dan sebagainya.
·
Di bidang perbankan :
a. Penghitungan keuangan dan bunga.
b. Layanan keuangan seperti e-banking, e-cash, ATM.
4. Bidang Teknik dan Ilmu Pengetahuan
Komputer sangat bermanfaat untuk perhitungan-perhitungan
yang sulit dan membutuhkan presisi
tinggi yang tidak mungkin dilakukan oleh manusia. Misalnya:
a.Keperluan penelitian dan riset melalui simulasi dengan komputer.
b.Membuat model reaktor nuklir.
c.Membuat model-model atom dan molekul.
d.Mempelajari keadaan struktur tanah, keadaan angin,
cuaca, dan sebagainya.
Dalam bidang
bioteknologi, peralatan-peralatan kultur telah banyak yang dilengkapi dengan
kontrol komputer untuk mengusahakan ketelitian kerja pada ruang steril. Pada
bidang teknik sipil komputer digunakan untuk menghitung presisi dan kekuatan
kunstruksi bangunan, bidang arsitektur komputer digunakan untuk mensimulasi
gambar-gambar ruang secara tiga dimensi.
5. Bidang Entertainment dan Games
Bidang
entertainment misalnya untuk pembuatan animasi, periklanan, setting, bahkan
untuk bermain musik. Di bidang Permainan komputer bisa digunakan untuk
permainan (games) tiga dimensi (3D) dilengkapi dengan audiovisual yang menarik
dan memberikan special efect.
6. Bidang Komunikasi Jaringan Global (Internet)
Segala sesuatu yang dibutuhkan tersedia pada internet
baik yang gratis maupun membayar. Dengan internet manusia bisa melakukan
komunikasi data teks, gambar, video, suara, bahkan komunikasi audiovisual
secara langsung. Pengguna internet bisa mencari informasi apa saja yang
dibutuhkan. Misalnya ; informasi berita, buku dan perpustakaan, kencan dan
perjodohan, belanja on-line, chatting, memutar radio, musik, bermain
games,saling menukar informasi dan data (mail), konsultasi, pooling,
periklanan, dan bahkan merusak komputer orang lain dari jarak jauh, pesan kamar
hotel, tiket pesawat, dan sebagainya.
2.5 Kemampuan Komputer
Kemampuan utama yang dimiliki komputer adalah kecepatan
dan ketepatan dalam mengolah data dan menghasilkan informasi. Kemampuan
kapasitas penyimpanan data dalam memori atau simpanan luar seperti harddisk. Kecepatan
mengirim data dalam format apapun antar komputer dalam jaringan wilayah lokal,
regional, maupun global.
1. Kecepatan dan ketepatan dalam mengolah data
Kecepatan akses
data dalam sebuah operasi komputer dinyatakan dalam satuan seperti Millisecond
(ms), Microsecond (ms), Nanosecond (ns), Picosecond (ps). Satuan Picosecond
(ps) merupakan satuan waktu yang paling cepat dalam sebuah akses komputer.
Satuan kapasitas memori komputer meliputi :
a. 1 byte = 8 bit atau satu character.
b. 1 KB (Kilobyte) = 1024 byte atau
byte.
c. 1
MB (Megabyte) = 1024 KB atau 1.048.576 byte atau
byte.
d. 1
GB (Gigabyte) = 1024 MB atau
byte.
e. 1
Terabyte = 1024 GB atau
byte.
2.6 Karakteristik Komputer
Komputer
tidak mempunyai perasaan atau emosi, sehingga aktifitasnya akan bersifat
statis. Komputer mampu menyimpan data yang besar dan dalam waktu yang
lama,dan sifat data yang disimpan
bersifat dinamis, dimana sewaktu-waktu data dapat dilakukan perubahan dan
pembaharuan jika dikehendaki. Komputer bisa melakukan pengurutan dan pencarian
dalam waktu yang singkat, secara menaik (ascending) atau menurun (descending)
dalam waktu sekejap. Komputer mampu mengolah data perhitungan yang besar dengan
cepat dan akurat. Perhitungan aritmatika, logika, dan perhitungan apapun bisa
dilakukan dengan presisi yang mendekati seratus persen kebenarannya. Komputer
juga mampu menerima dan mengeluarkan data atau informasi yang besar dalam waktu
yang cepat.
2.7 Keterbatasan Komputer
Tidak
bisa berpikir secara dinamis, seperti manusia. manusia mendasarkan pada pikiran
dan perasaan (hati), sedangkan komputer hanya berdasarkan perhitungan saja. Pekerjaan
yang dilakukan komputer bisa mengurangi tenaga kerja manusia, akibatnya banyak
tenaga manusia yang tidak terpakai, sehingga banyak timbul pengangguran. Data
yang tersimpan dalam komputer memiliki resiko yang lebih tinggi, karena
dimungkinkan bisa diambil atau disadap oleh pengguna lain (hacker), meskipun
telah diberi pelindung program atau password.
2.8 Kesimpulan
Teknologi ini pada prinsipnya adalah
untuk melayani kebutuhan informasi secara tepat waktu tepat guna dan tepat
sasaran, sehingga memerlukan komputer.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar