Minggu, 14 Oktober 2018

KONSEP TEKNOLOGI INFORMASI (Jenis Komputer)


BAB II
JENIS KOMPUTER


2.1 Konsep Komputer

                 Kata “komputer”, memiliki banyak pendapat mengenai definisinya yang nantinya berkembang pada definisi tentang sistem komputer, ilmu komputer, dan teknologi Informasi. Istilah dari komputer itu sendiri berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti “menghitung” (to compute atau reckon). Sebutan untuk Komputer dari berbagai negara :
Bahasa Inggris 1646 = Computer (orang yang menghitung).
Bahasa Italia = Calculatore (Kalkulator).
Bahasa Swedia = dator (data) 1950 matematicmaskin.

2.2 Definisi Komputer

       Pandangan dari para ahli :
      Menurut V.C. Hamacher dalam bukunya “Computer Organization”, komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
Menurut Robert H. Blissmer (1985), dalam bukunya “Computer Annual”, komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
1. Menerima input
2. Memproses input tadi sesuai dengan programnya
3. Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
4. Menyediakan output dalam bentuk informasi.
     Menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-isntruksi yang telah tersimpan dalam memori. Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan hitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. (Wikipedia).
   Dari definisi-definisi tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa: Komputer adalah seperangkat elektronik yang dapat menerima masukan (input), dan selanjutnya melakukan pengolahan (process) untuk menghasilkan keluaran (output) berupa informasi.

2.3 Sistem Komputer

        Adalah kumpulan dari elemen-elemen komputer (Hardware, software, brainware) yang saling berhubungan (terintegrasi) dan saling berinteraksi untuk melakukan pengolahan data dengan tujuan menghasilkan informasi sesuai dengan yang diharapkan.


2.4 Manfaat Komputer

      1. Bidang Pendidikan
                        Penggunaan komputer sebagai alat pembelajaran dikenali sebagai CBE (Computer Based Education). Peranan komputer dalam pendidikan menurut Robert Taylor :
1. Tutor: sebagai pengajar melalui pendekatan pengajaran berbantukan komputer
2. Tool: alat untuk memudahkan proses pengajaran dan pembelajaran dan untuk melakukan pengolahan data proses pembelajaran, seperti pengolahan data nilai siswa, penjadwalan, beasiswa, dan sebagainya.
3. Tutee: berperanan sebagai alat yang diajar, dan bisa melakukan Tanya jawab atau dialog dengan komputer yang biasa disebut dengan CAI (Computer Assist Instruction).
 Contoh: e-library, e-learning, teleconference.
      2. Bidang Industri dan Manufaktur
Komputer digunakan untuk mengontrol mesin-mesin produksi dengan ketepatan tinggi, misalnya:
1. CNC (Computer Numerical Control) pengawasan numeric atau perhitungan.
2. CAM (Computer Aided Manufacture) yaitu untuk merencanakan, mengatur, dan mengontrol kerja mesin.
3. CAD (Computer Aided Design) yaitu  merancang bentuk (desain) produk yang akan dikeluarkan pada sebuah industri atau pabrik.
Mesin-mesin dalam industri garmen yang dilengkapi dengan kontrol komputer, misalnya melakukan pewarnaan, membuat border, dan sebagainya. Robot yang secara otomatis melakukan kerja-kerja tertentu dalam sebuah industri yang dikontrol oleh komputer.
3. Bidang Bisnis dan Perbankan
 Perdagangan barang maupun jasa komputer akan sangat penting untuk  kegiatan transaksi baik rutin, periodik, maupun insidentil dan menyediakan informasi dengan cepat dan tepat.
a.   Sistem Informasi Manajemen (SIM).
b. Mesin cash register (mesin kasir) yang dilengkapi dengan kontrol     komputer sehingga mesin tersebut dapat dikontrol oleh pihak manajer.
c. Scanning barcode kode barang dagangan, menghitung rugi laba, inventori dan sebagainya.
·         Di bidang perbankan :
a. Penghitungan keuangan dan bunga.
b. Layanan keuangan seperti e-banking, e-cash, ATM.
       4.  Bidang Teknik dan  Ilmu Pengetahuan
                        Komputer sangat bermanfaat untuk perhitungan-perhitungan yang sulit dan  membutuhkan presisi tinggi yang tidak mungkin dilakukan oleh manusia. Misalnya:
a.Keperluan penelitian dan riset melalui simulasi dengan komputer.
b.Membuat model reaktor nuklir.
c.Membuat model-model atom dan molekul.
d.Mempelajari keadaan struktur tanah, keadaan angin, cuaca, dan sebagainya.
                                    Dalam bidang bioteknologi, peralatan-peralatan kultur telah banyak yang dilengkapi dengan kontrol komputer untuk mengusahakan ketelitian kerja pada ruang steril. Pada bidang teknik sipil komputer digunakan untuk menghitung presisi dan kekuatan kunstruksi bangunan, bidang arsitektur komputer digunakan untuk mensimulasi gambar-gambar ruang secara tiga dimensi.
5. Bidang Entertainment dan Games
 Bidang entertainment misalnya untuk pembuatan animasi, periklanan, setting, bahkan untuk bermain musik. Di bidang Permainan komputer bisa digunakan untuk permainan (games) tiga dimensi (3D) dilengkapi dengan audiovisual yang menarik dan memberikan special efect.
6. Bidang Komunikasi Jaringan Global (Internet)
Segala sesuatu yang dibutuhkan tersedia pada internet baik yang gratis maupun membayar. Dengan internet manusia bisa melakukan komunikasi data teks, gambar, video, suara, bahkan komunikasi audiovisual secara langsung. Pengguna internet bisa mencari informasi apa saja yang dibutuhkan. Misalnya ; informasi berita, buku dan perpustakaan, kencan dan perjodohan, belanja on-line, chatting, memutar radio, musik, bermain games,saling menukar informasi dan data (mail), konsultasi, pooling, periklanan, dan bahkan merusak komputer orang lain dari jarak jauh, pesan kamar hotel, tiket pesawat, dan sebagainya.

2.5 Kemampuan Komputer

Kemampuan utama yang dimiliki komputer adalah kecepatan dan ketepatan dalam mengolah data dan menghasilkan informasi. Kemampuan kapasitas penyimpanan data dalam memori atau simpanan luar seperti harddisk. Kecepatan mengirim data dalam format apapun antar komputer dalam jaringan wilayah lokal, regional, maupun global.
1. Kecepatan dan ketepatan dalam mengolah data
 Kecepatan akses data dalam sebuah operasi komputer dinyatakan dalam satuan seperti Millisecond (ms), Microsecond (ms), Nanosecond (ns), Picosecond (ps). Satuan Picosecond (ps) merupakan satuan waktu yang paling cepat dalam sebuah akses komputer.
Satuan kapasitas memori komputer meliputi :
a. 1 byte = 8 bit atau satu character.
b. 1 KB (Kilobyte) = 1024 byte atau  byte.
c. 1 MB (Megabyte) = 1024 KB atau 1.048.576 byte atau  byte.
d. 1 GB (Gigabyte) = 1024 MB atau  byte.
e. 1 Terabyte = 1024 GB atau  byte.


2.6 Karakteristik Komputer

Komputer tidak mempunyai perasaan atau emosi, sehingga aktifitasnya akan bersifat statis. Komputer mampu menyimpan data yang besar dan dalam waktu yang lama,dan  sifat data yang disimpan bersifat dinamis, dimana sewaktu-waktu data dapat dilakukan perubahan dan pembaharuan jika dikehendaki. Komputer bisa melakukan pengurutan dan pencarian dalam waktu yang singkat, secara menaik (ascending) atau menurun (descending) dalam waktu sekejap. Komputer mampu mengolah data perhitungan yang besar dengan cepat dan akurat. Perhitungan aritmatika, logika, dan perhitungan apapun bisa dilakukan dengan presisi yang mendekati seratus persen kebenarannya. Komputer juga mampu menerima dan mengeluarkan data atau informasi yang besar dalam waktu yang cepat.

2.7 Keterbatasan Komputer

Tidak bisa berpikir secara dinamis, seperti manusia. manusia mendasarkan pada pikiran dan perasaan (hati), sedangkan komputer hanya berdasarkan perhitungan saja. Pekerjaan yang dilakukan komputer bisa mengurangi tenaga kerja manusia, akibatnya banyak tenaga manusia yang tidak terpakai, sehingga banyak timbul pengangguran. Data yang tersimpan dalam komputer memiliki resiko yang lebih tinggi, karena dimungkinkan bisa diambil atau disadap oleh pengguna lain (hacker), meskipun telah diberi pelindung program atau password.

2.8 Kesimpulan

       Teknologi ini pada prinsipnya adalah untuk melayani kebutuhan informasi secara tepat waktu tepat guna dan tepat sasaran, sehingga memerlukan komputer.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar