BAB IV
PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT
4.1 Perangkat
Input
Alat Input adalah perangkat keras atau alat-alat yang
berfungsi memasukkan data/perintah ke dalam komputer. Alat input tidak bisa
bekerja tanpa adanya software (perangkat lunak) di dalamnya.
1. Keyboard
Fungsi:
memasukkan huruf, angka, karakter khusus, serta sebagai media bagi user untuk melakukan perintah
lainnya yang diperlukan, seperti
menyimpan dan membuka file. Asal
penciptaan: model mesin ketik yang diciptakan dan dipatenkan oleh Christoper
Latham (1868). Kemudian diproduksi dan dipasarkan oleh perusahaan Remington
(1887).
a. Keyboard
(sambungan)
Keyboard yang digunakan sekarang adalah jenis QWERTY
dengan jumlah tombol sebanyak 104 tuts. Keyboard
jenis ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar
Organization) pada tahun 1973.Beberapa jenis port dari keyboard : Port Serial,
ps2, Usb, Wireless.
2. Mouse
Fungsi: untuk perpindahan pointer/kursor secara cepat,
dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Digunakan
secara maksimal sejak sistem operasi berbasiskan GUI. Cara Kerja: Sinyal-sinyal
listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam
mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Terdiri dari : tombol kiri,
tombol kanan, scroll.
a.
Mouse (sambungan)
Istilah dalam penggunaan Mouse:
Klik (Click) yaitu penekanan tombol kiri yang berfungsi bila mouse berada pada
objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk
penekanan ini akan diabaikan.
Menggeser (Drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan
sambil digeser, yang berfungsi mengakibatkan objek akan berpindah. Tersalin ke
objek lain dan kemungkinan
lainnya.
Klik Ganda (Double Click) yaitu penekanan tombol kiri mouse dua kali secara
cepat dan teratur.
Klik Kanan (right click) yaitu menekan tombol kanan.
Mouse terdiri dari beberapa port: mouse serial, mouse ps2, usdb, dan wireless.
3. Touchpad
Unit masukkan ini biasanya
dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan
jari. Unit ini biasanya dapat digunakan sebagai pengganti mouse.
4. Light Pen
Light Pen adalah
pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan
screen (monitor). Light Pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal
cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan
merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
5. Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer.
Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk
kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang
akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
6. Barcode
Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang
berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk
angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman,
alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia
untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
7. Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk
meng-copy atau menyalin gambar
atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori
komputer. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy. Perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya
dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui
monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi
dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file
gambar.
8. Kamera Digital
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga
komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera
Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan
cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera
digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat
membantu banyak kegiatan dan pekerjaan.
9. Kamera Digital (sambungan)
Cara Kerja: Kamera digital tidak memerlukan film
sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke
dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau
ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada
berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis
sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.
4.2 Perangkat
Output
1. Printer
Yaitu
peralatan output pada komputer yang berfungsi mencetak hasil dari proses
komputer ke dalam media kertas. Hasil cetakan dari printer dapat berupa gambar,
maupun tulisan. Printer merupakan komponen komputer yang digolongkan ke dalam
peripheral yang sangat penting untuk membantu kerja manusia. Berdasarkan media
cetaknya printer ada beberapa macam, yaitu : printer inkjet, printer laserjet
dan printer dotmatrik.
2. Monitor
Yaitu
merupakan peralatan output pada komputer yang berfungsi untuk menampilkan
grafik atau gambar sehingga informasi dapat diterima oleh manusia.
3. LCD Proyektor
Yaitu yang
mempunyai fungsi sama dengan monitor akan tetapi LCD Proyektor akan menampilkan
gambar pada screen agar informasi dapat diterima oleh manusia.
4. Speaker
Yaitu adalah
pengeras suara yang mempunyai komponen getaran. Speaker adalah peralatan output
pada komputer yang berfungsi untuk mengeluarkan output suara. Speaker akan
terhubung dengan soudcard pada komputer agar bisa menerima hasil proses berupa
suara dari komputer.
4.3 Kesimpulan
Perangkat input atau
output adalah masukan atau keluaran bagian dari sistem mikropprosessor yang
digunakan oleh mikropprosessor itu untuk berhubungan dengan dunia luar. Perangkat
input adalah masukan unit luar yang digunakan untuk memasukkan dari luar ke
dalam mikropprosessor ini, contohnya data yang berasal dari keyboard atau
mouse. Sementara perangkat output (keluaran) biasanya digunakan untuk
menampilkan data, atau dengan kata lain untuk menangkap data yang dikirimkan
oleh mikropprosessor, contohnya data yang akan ditampilkan pada layar monitor
atau printer. Bagian input (masukan) dan juga keluaran (output) ini juga
memerlukan sinyal kontrol, antara lain untuk baca I atau O (input atau output
Read [IOR] dan untuk tulis I/O (input atau output write [IOW]). Perkembangan
peralatan output device sekarang ini semakin banyak dan semakin canggih dan
memudahkan dalam menggunakannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar