Minggu, 14 Oktober 2018

KONSEP TEKNOLOGI INFORMASI (Perangkat Input dan Output)


BAB IV
PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT


4.1 Perangkat Input

Alat Input adalah perangkat keras atau alat-alat yang berfungsi memasukkan data/perintah ke dalam komputer. Alat input tidak bisa bekerja tanpa adanya software (perangkat lunak) di dalamnya.
1. Keyboard
Fungsi: memasukkan huruf, angka, karakter khusus, serta sebagai media bagi user untuk melakukan perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan dan membuka file. Asal penciptaan: model mesin ketik yang diciptakan dan dipatenkan oleh Christoper Latham (1868). Kemudian diproduksi dan dipasarkan oleh perusahaan Remington (1887).
              a. Keyboard (sambungan)
Keyboard yang digunakan sekarang adalah jenis QWERTY dengan  jumlah tombol sebanyak 104 tuts. Keyboard jenis ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization) pada tahun 1973.Beberapa jenis port dari keyboard : Port Serial, ps2, Usb, Wireless.
2. Mouse
Fungsi: untuk perpindahan pointer/kursor secara cepat, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Digunakan secara maksimal sejak sistem operasi berbasiskan GUI. Cara Kerja: Sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Terdiri dari : tombol kiri, tombol kanan, scroll.
            a. Mouse (sambungan)
Istilah dalam penggunaan Mouse:
Klik (Click) yaitu penekanan tombol kiri yang berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan.
Menggeser (Drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser, yang berfungsi mengakibatkan objek akan berpindah. Tersalin ke objek lain dan         kemungkinan lainnya.
Klik Ganda (Double Click) yaitu penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur.
Klik Kanan (right click) yaitu menekan tombol kanan.
Mouse terdiri dari beberapa port: mouse serial, mouse ps2, usdb, dan wireless.
3. Touchpad
       Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Unit ini biasanya dapat digunakan sebagai pengganti mouse.
4. Light Pen
 Light Pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light Pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.

5. Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
6. Barcode
Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian           diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di  supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
7. Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau           menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam     memori komputer. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy.  Perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar.
8. Kamera Digital
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan.
9. Kamera Digital (sambungan)
Cara Kerja: Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.

4.2 Perangkat Output

1. Printer
       Yaitu peralatan output pada komputer yang berfungsi mencetak hasil dari proses komputer ke dalam media kertas. Hasil cetakan dari printer dapat berupa gambar, maupun tulisan. Printer merupakan komponen komputer yang digolongkan ke dalam peripheral yang sangat penting untuk membantu kerja manusia. Berdasarkan media cetaknya printer ada beberapa macam, yaitu : printer inkjet, printer laserjet dan printer dotmatrik.
2. Monitor
      Yaitu merupakan peralatan output pada komputer yang berfungsi untuk menampilkan grafik atau gambar sehingga informasi dapat diterima oleh manusia.
3. LCD Proyektor
      Yaitu yang mempunyai fungsi sama dengan monitor akan tetapi LCD Proyektor akan menampilkan gambar pada screen agar informasi dapat diterima oleh manusia.
4. Speaker
      Yaitu adalah pengeras suara yang mempunyai komponen getaran. Speaker adalah peralatan output pada komputer yang berfungsi untuk mengeluarkan output suara. Speaker akan terhubung dengan soudcard pada komputer agar bisa menerima hasil proses berupa suara dari komputer.

4.3 Kesimpulan

           Perangkat input atau output adalah masukan atau keluaran bagian dari sistem mikropprosessor yang digunakan oleh mikropprosessor itu untuk berhubungan dengan dunia luar. Perangkat input adalah masukan unit luar yang digunakan untuk memasukkan dari luar ke dalam mikropprosessor ini, contohnya data yang berasal dari keyboard atau mouse. Sementara perangkat output (keluaran) biasanya digunakan untuk menampilkan data, atau dengan kata lain untuk menangkap data yang dikirimkan oleh mikropprosessor, contohnya data yang akan ditampilkan pada layar monitor atau printer. Bagian input (masukan) dan juga keluaran (output) ini juga memerlukan sinyal kontrol, antara lain untuk baca I atau O (input atau output Read [IOR] dan untuk tulis I/O (input atau output write [IOW]). Perkembangan peralatan output device sekarang ini semakin banyak dan semakin canggih dan memudahkan dalam menggunakannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar