BAB VI
REPRESENTASI DAN ALUR PEMROSESAN DATA
6.1 Representasi
Data
Data adalah
sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya
suatu pengolahan. Data bisa berwujud suatu keadaan, gambar, suara, huruf,
angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan
sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupun suatu konsep. Representasi
data adalah lambang untuk memberi tanda bilangan biner yang telah diperjanjikan
yakni 0 (nol) untuk bilangan positif atau plus dan 1 untuk bilangan negatif
atau minus. Pada bilangan n-bit, jika susunannya dilengkapi dengan bit tanda
maka diperlukan register dengan panjang n+1 bit. Dalam hal ini, n bit digunakan
untuk menyimpan bilangan biner itu sendiri dan satu bit untuk tandanya. Pada
representasi bilangan biner yang dilengkapi dengan tanda bilangan, bit tanda
ditempatkan pada posisi paling kiri.
6.2 Tipe Data
1. Integer
Data numerik
yang tidak mengandung pecahan, dan disajikan dalam memori komputer sebagai angka bulat.
Range :
-32768 s/d 32767.
Operasi :
+, -, *, /, ^, MOD, ABS, SQRT.
2. Real
Data numerik
yang mengandung pecahan digolongkan dalam jenis data real (floating point).
Operasi : semua operasi pada
integer.
INT: membulatkan bilangan real,
misal : INT(34.67) = 34.
3. Boolean
Dikenal sebagai
“Logical Data Types”, digunakan untuk pengecekan kondisi suatu program.
Elemen datanya: True dan False.
Operator Logika: Not, And, Or.
Operator Relasi: <, >, <=, =, !=.
4. Karakter dan String
Elemen Karakter: (0,1,2,…,9,A,B,…,Y,Z,?,*,…).
String : Data tipe majemuk yang dibentuk dari karakter.
Contoh : Himpunan String {A,B,1} dapat berisi antara lain: (AB1),(A1B), (1AB),
dan sebagainya.
Panjang dari Sring S = N dan Length (S) = N.
6.3 Hubungan
Data Dengan Komputer
Tugas komputer
untuk mengambil data yang berkaitan dengan mengelola dalam beberapa cara.
Dahulu komputer ditangani hampir secara eksklusif dengan data numerik. Sekarang
dengan komputer multimedia membantu kita memodifikasi berbagai jenis data
(bilangan, teks, audio, gambar, dan video). Semua data disimpan sebagai angka
biner. Setiap dokumen, gambar, dan suara direpresentasikan sebagai string dari
1s dan 0s.
Komunikasi antara komputer dengan data dalam bahasa lisan
atau tertulis dengan mengubhan data ke bentuk yang siap diterima oleh mesin
seperti Karakter. Bit & Bytes adalah bagian data terkecil disebut dengan
BIT: 1 & 0.
Komputer bekerja dengan koleksi bit yang digrupkan mewakili sebuah simbol delapan
bit data disebut 1 Byte. 1Byte data cukup untuk mewakili satu tabel alphanumeric character. Dengan 1 byte data, komputer dapat
menyimpan 256 simbol & karakter yang berbeda.
1. Transmisi
Karakter
Ketika
tombol pada keyboard ditekan, perangkat
tersebut menghasilkan sinyal elektris yang merepresentasikan karakter tombol ke
komputer. Transmisi tersebut melewati kabel dari
perangkat tersebut ke komputer dan sinyak untuk setiap karakter merupakan
rangkaian pulsa elektris yang disebut pulse
train.
2. Character Codes (kode karakter)
Kombinasi
biasa dari 0-an dan 1-an digunakan untuk bit 1 sampai 7 yang telah dipilih
untuk merepresentasikan karakter "T". Jadi, kita memiliki "7-bit
code yang merepresentasikan karakter "T".
3. ASCII (American Standard Code for
Information Interchange)
Umumnya
dalam sistem komputer modern sitem kode yang digunakan adalah ASCII 8 bit.
6.4 Pemrosesan Data
Sistem
Pemrosesan Data adalah Sistem yang melakukan pengolahan data.Tujuan Pemrosesan
Data yaitu untuk mengambil informasi asli (data) dan darinya menghasilkan
informasi lain dalam bentuk yang berguna (hasil).
Fungsi dasar Pemrosesan Data :
1. Mengambil program dan data (masukan / input)
2. Menyimpan program dan data serta menyediakan untuk pemrosesan.
3. Menjalankan proses aritmatika dan logika pada data yang disimpan.
4. Menyimpan hasil antara dan hasil akhir pengolahan.
5. Mencetak atau menampilkan data yang disimpan atau hasil pengolahan.
6.5 Alur Pemrosesan Data
Pemrosesan
data (data processing) adalah jenis pemrosesan yang dapat
mengubah data menjadi informasi atau pengetahuan. Pemrosesan data ini sering menggunakan
komputer sehingga bisa berjalan secara otomatis. Setelah
diolah, data ini biasanya mempunyai nilai yang informatif jika dinyatakan dan
dikemas secara terorganisir dan rapi, maka istilah pemrosesan data sering
dikatakan sebagai sistem informasi. Aliran listrik menuju perangkat input. Didalam perangkat
input terdapat port – port yang dapat menghubungkan atau menjembatani perangkat
input menuju komputer. Perangkat input mulai memproses data lalu mengolahnya
untuk diteruskan menuju Control Processing Unit. Control Processing Unit mulai
mengolah data didalam CPU terdapat 2
proses antara lain :
a.) CU (Control Unit)
Merupakan
pengatur dan pengendali semua peralatan yang ada di sistem komputer contohnya :
mengatur alat input kapan menerima, mengolah dan menampilkan data sehingga perintah
dilakukan secara urut.
b.) ALU (Algoritcmic Logical Unit)
Merupakan
bagian yang melakukan semua perhitungan aritmatika untuk menjalankan suatu
pemerintah contohnya dengan mengetahui kapasitas hardisk/memory.
Setelah mengolah data lalu
CPU mengirim data menuju penyimpanan sementara biasanya disebut RAM (Random
Acces Memory) adalah media penyimpanan data sementara yang penyimpanannya
secara acak. RAM akan menyimpan data selama komputer tersebut dialiri oleh arus
listrik, selanjutnya jika komputer mati maka data yang tersimpan di RAM akan
hilang karena RAM hanya berperan menyimpan data sementara. Semakin banyak
kapasitas RAM yang kita pakaiakan menambah kinerja komputer dalam mengolah
data, tetapi kita harus memilih RAM yang support dengan port yang terdapat pada
motherboard.
Setelah berhasil menyimpan data lalu data dikirim menuju
CPU lagi untuk diolah menuju perangkat keluaran (Output Device). Perangkat
Output mengeluarkan informasi data yang sudah diolah. Pada perangkat output
inilah kita bisa mendapatkan informasi data yang sudah diolah oleh komputer.
Langkah selanjutnya teserah kita mau menyimpan data tersebut atau tidak jika
kita ingin menyimpannya kita harus menyimpan ke memory penyimpanan selamanya.
Setelah berhasil menyimpan data lalu data dikirim menuju CPU lagi untuk diolah
menuju perangkat keluaran (Output Device). Perangkat output mengirim data yang
akan kita simpan menuju CPU. Pada CPU data diolah lagi untuk dikirim menuju
memory penyimpanan selamanya. Pengiriman data yang sudah
diolah CPU menuju memory penyimpanan selamanya. Setelah data berhasil dikirim
menuju momoey penyimpanan sementara maka data tersebut akan tersimpan dan data
bisa di gunakan lagi kapan saja meski komputer sudah mati karena media
penyimnpanan selamanya ini bersifat permanen dan akan terhapus jika ada perintah
untuk menghapusnya. Media penyimpanan selamanya adalah hardisk. Hardisk yang
memiliki kapasitas besar akan mempermudah kita untuk menyimpan data yang banyak
pada komputer.
6.6 Faktor yang Mempengaruhi Pemrosesan Data
1. Register
Sejumlah area memori
kecil yang digunakan untuk menyimpan instruksi selama proses berlangsung. Ukuran
dari register (work size) sesuai dengan jumlah data yang bisa diproses dalam
satu satuan waktu. PC register saat ini 32 bit, artinya
komputer mampu untuk memproses 4 byte data sekali jalan. Register akan
terus berkembang ke 64 bit.
2. RAM- Ukuran RAM berpengaruh langsung pada speed
Semakin
besar ukuran RAM pada PC akan semaki banyak data disimpan di memori. Jika
aplikasi tidak cukup di load ke memori, maka secara bergantian dipindahkan
ke secondary storage proses ini disebut swapping.
3. The System Clock
Satu “Tick” dari clock
dibutuhkan untuk merubah transistor dari On ke Off disebut dengan Clock Cycle. Clock
Cycle ukuran dalam Hertz (Hz) untuk mengukur Cycle per second. Jika
PC mempunyai kecepatan 300 Mhz, then its system clock “ticks”
300 milion times every second.
4. The Bus
Sebuah path diantara komponen dan komputer setiap data
yang dikirimkan antar komponen melewati path. Lebar Bus data menentukan
seberapa banyak data ditransmisikan diantara CUP dan device lain. Peripheral
devices are connected to the CPU by an expansion bus.
5. Chace
Memory
Memory
kecepatan tinggi untuk menyimpan instruksi yang akan dieksekusi oleh CPU. Lokasi
Chace langsung pada CPU diantara CPU dengan RAM sehingga lebih cepat
dibandingkan dengan RAM. CPU Resident chace is called level-1(L1)
chace. External chace is called level-2 (L2) chace. Kapasiatas
Chace memory sangat berpengaruh pada kecepatan computer.
6.7 Kesimpulan
Data adalah suatu yang belum mempunyai arti bagi
penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Representasi data
yaitu lambang untuk memberi data tanda bilangan biner yang telah diperjanjikan
yakni angka 0 (nol).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar